Mail Alert Registration

Please fill in some of the data provided below to receive the latest Toyota-related news and information in your email.

Occupation

Your Email

11 Maret 2020
Electrified Vehicle

Penyebaran BEV Secara Global


Untuk memenuhi kebutuhan di pasar global, Toyota akan mengembangkan BEV secara lebih efisien dengan beberapa variasi yang harganya terjangkau. Dalam pengembangannya, Toyota merencanakan pengembangan enam varian BEV dengan berbagai desain dan dimensi yaitu SUV besar dan medium, minivan medium, sedan medium, crossover medium, dan kendaran kompak.   Tentu, untuk merealisasikannya melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan lain. Untuk BEV berukuran sedang dilakukan bersama Subaru. Sementara BEV kompak menggandeng Suzuki dan Daihatsu.

2c. foto 2


Dalam kolaborasi dengan Subaru, Toyota juga menerapkan platform terdedikasi melalui TNGA (Toyota New Global Architecture). Namun untuk mobil elektrik ini dinamakan e-TNGA.  Pada platform e-TNGA, akan menentukan posisi motor listrik depan dan belakang, tata letak di bawah kap, posisi pengemudi terhadap roda depan, lebar baterai dan elemen lainnya yang ditentukan agar dalam posisi tetap. Sedangkan wheelbase (jarak sumbu roda),  jumlah baterai terpasang, overhang (jarak dari sumbu roda ke bumper depan atau belakang) dan elemen lainnya bisa diubah. Elemen-elemen yang dapat diperbaiki dan/atau diubah memungkinkan semakin banyak variasi yang bisa dihasilkan.

Perencanaan dan pengembangan bersama antara Toyota dengan Subaru ini, juga mencakup komponen utama BEV seperti motor listrik dan PCU. Menggabungkan beberapa jenis motor listrik akan memungkinkan Toyota secara fleksibel merespons kebutuhan sistem penggerak dan kinerja penggerak.

Dengan adanya platform e-TNGA, membuat perencanaan dan pengembangan suatu produk akan menjadi lebih efisien, karena cukup menggabungkan beberapa modul yang sudah ada, seperti modul depan, tengah dan belakang serta beberapa komponen utama. Hal ini akan mudah melakukan berbagai varian yang luas.

Untuk penyebaran BEV sendiri, Toyota membuat sebuah divisi ZEV (Zero Emission Vehicle) Factory. Sebuah divisi internal yang khusus perencanaan produk dan bisnis untuk kendaraan nol emisi (Zero Emission).

2c. foto 3

Banyak perusahaan akan terlibat dengan pembuatan BEV ini, termasuk perencanaan yang juga dikerjakan bersama ZEV Factory. Perusahaan-perusahaan itu akan membuat suku cadang tertentu, sementara perusahaan lain yang juga bekerja sama akan membuat perangkat lainnya. Dan pastinya, Toyota sedang membangun model bisnis untuk peluncuran global dalam rangka mempopulerkan BEV.

2c. foto 4


electified vehicle, BEV, Battery Electric Vehicle
  • Shares
  • Download White