Mail Alert Registration

Please fill in some of the data provided below to receive the latest Toyota-related news and information in your email.

Occupation

Your Email

29 Agustus 2024
Press Release

Cetak Lulusan Inovatif Pacu Produktivitas, Efiesiensi, dan Efektivitas Manufaktur


Karawang, Jawa Barat – Peningkatan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas manufaktur menjadi fondasi utama  dalam aktivitas industri nasional. Dalam mencapai hal tersebut, diperlukan SDM berdaya saing dan berkompetensi  maintenance, logistic, dan quality yang siap terjun langsung berkontribusi di dunia kerja. Berlandaskan kurikulum  teknologi dengan fokus meminimalisir inefisiensi dalam manufaktur, Toyota Indonesia Academy (TIA), Kamis/29  Agustus 2024 berhasil mencetak SDM ahli dan tersertifikasi sebanyak 72 lulusan TIA yang terdiri dari 64 mahasiswa  program studi D2 jurusan Tata Operasi Perakitan Roda Empat (TOPKR) dan 8 mahasiswa program studi D1 Teknik  Pemeliharaan Mesin Otomasi (TPMO). Sejak didirikan di tahun 2016 hingga saat ini, TIA telah melahirkan 327 SDM  ahli yang sudah berkarya di TMMIN maupun rantai pasok industri otomotif nasional.

1725278465329

Mengusung tema kelulusan “Strengthening Student’s Capabilities to Eliminate Inefficiency in Manufacturing” TIA  menerapkan transformasi kurikulum Advance Mechatronic dengan melakukan improve proses melalui pendekatan  Toyota Production System dan pembekalan berkonsep project based learning. Kemampuan lulusan TIA juga diasah  melalui praktik pelatihan kerja/pemagangan dan diaplikasikan dalam proses produksi manufaktur. 

“Kehadiran TIA berperan penting dalam membangun SDM dengan fondasi efisiensi yang kuat. Beberapa  target peningkatan mutu, melalui pengenalan advance manufacture technology juga sudah dicanangkan TIA untuk mencetak SDM yang dapat meningkatkan inovasi pekerjaan, untuk mengakselerasi proses produksi  manufaktur. Sehingga lulusan TIA dapat menjadi lulusan kompeten bersertifikasi, yang mampu bersaing  menjawab tantangan industri dan selalu berada di depan perubahan teknologi,” ujar Nandi Julyanto Presiden  Direktur PT TMMIN.

1725278465857 1

TIA juga melakukan evaluasi Focus Group Discussion (FGD) bersama para pakar industri untuk mengetahui dan  beradaptasi lebih cepat dengan kebutuhan industri, sehingga kurikulum yang diaplikasikan dapat menjawab  tantangan perkembangan teknologi. Pada tahun ke-2 masa pendidikan, seluruh mahasiswa diberikan program  pemagangan industri selama 1 tahun agar lulusan TIA dapat lebih cakap beradaptasi dengan teknologi terbaru di  industri manufaktur nasional.  

“Para lulusan TIA yang sudah mengenyam pendidikan karakter dan kurikulum mekatronik diharapkan dapat  lebih cakap meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam proses produksi di manufaktur. Eleminiasi  inefisiensi di proses logistik, peningkatan kemampuan maintenance, dan eskalasi kualitas pekerjaan  menjadi tujuan utama pengembangan lulusan TIA agar menjadi SDM yang cakap dan adaptif terhadap  perubahan teknologi di industri otomotif nasional. Kolaborasi kurikulum teknologi dan inefisiensi akan  mengakselerasi lulusan TIA menjadi leader - leader yang adaptif dan inovatif di bidang pekerjaannya masing masing selaras dengan moto kami “We Make People Before We Make Product,” ujar Bob Azam Vice Presiden  Direktur PT TMMIN.

“Masa pembelajaran di TIA menjadi pengalaman berharga bagi saya, karena setiap ilmu yang dipelajari mulai  dari teori hingga praktik dalam kurikulum pelajaran sangat disesuaikan dengan tantangan dunia kerja yang  nantinya akan saya hadapi. Dukungan dari para dosen juga sangat menambah keterampilan teknis dan soft  skill yang sangat diperlukan sehingga membentuk saya menjadi lulusan TIA yang produktif serta inovatif.  Saat praktek kerja di Pabrik, saya juga banyak terlibat dalam menghadirkan berbagai inovasi di dalam praktik  kerja sehingga mampu menekan inefisiensi proses dan meningkatkan efektivitas manufaktur. Saya  bersyukur dapat menempuh pendidikan di TIA yang telah mengembangkan pengetahuan juga kemampuan serta membantu saya meraih impian di masa depan,” ujar Fikriansyah Putra - Lulusan TIA Jurusan TOPKR4  Dengan IPK Tertinggi 3.7 Dari Aceh.  

1725278465587

Torehkan Prestasi Di Kompetisi Dalam Hingga Luar Negeri  Sejak tahun 2019 hingga saat ini, mahasiswa TIA terus menorehkan prestasi di berbagai kompetensi dalam dan luar  negeri. Pada tahun 2024, pencapaian baru telah diukir mahasiswa TIA dengan meraih medali emas dan medali  perak pada ajang Asia Pacific Skill Contest di Thailand. Selain mencatatkan prestasi di kancah global, lulusan TIA  juga sudah banyak yang menempati posisi sebagai Team Leader di line Press, Assembling, dan Welding Shop.

Screenshot 2024 09 03 at 10.58.13

ToyotaIndonesia, LulusanInovatif, Produktivitas
  • Shares
  • Download White